Thursday 19 July 2018

Nyeri Perut pada Anak-Anak

Orang tua atau pengasuh biasanya dapat merasakan sakit di perut anak. Bayi dan balita yang masih kecil mungkin menangis, mengekspresikan rasa sakit secara wajah, dan meringkuk. Anak kecil biasanya cepat memberi tahu Anda apa yang salah. Beberapa remaja mungkin enggan melaporkan rasa sakit, dan Anda harus mencoba mendapatkan penjelasan yang jelas tentang apa yang mereka rasakan. Tanyakan tentang kondisi ini:

    
Durasi rasa sakit: Penyebab paling sederhana nyeri perut tidak berlangsung lama. Sebagian besar dari kita pernah mengalami sakit gas atau sakit perut / usus, dan ingat bahwa rasa sakit itu biasanya hilang dalam 24 jam. Setiap nyeri perut yang berlanjut lebih dari 24 jam harus dievaluasi oleh dokter.

    
Lokasi nyeri: Nyeri yang paling sederhana terletak di pusat perut. Anak itu akan mengusap-usap pusarnya. Rasa sakit di area lain lebih memprihatinkan. Hal ini terutama berlaku untuk rasa sakit yang terletak rendah dan rendah di sisi kanan perut. Nyeri di daerah itu harus dianggap sebagai radang usus buntu sampai terbukti sebaliknya.

    
Penampilan anak: Sebagai aturan umum, jika anak terlihat sangat sakit selain kesakitan, pertolongan medis harus dicari. Seringkali, pengasuh "hanya tahu" anak itu sangat sakit. Ketika sakit perut terjadi, hal-hal utama yang harus dicari termasuk penampilan pucat, berkeringat, kantuk atau kelesuan. Hal yang paling memprihatinkan ketika seorang anak tidak dapat terganggu dari rasa sakit dengan bermain, atau menolak untuk minum atau makan selama beberapa jam.

    
Muntah: Anak muntah cukup sering dengan nyeri perut, tetapi muntah tidak selalu menunjukkan masalah serius. Namun, seperti dengan durasi rasa sakit, sebagian besar penyebab muntah sederhana pergi dengan sangat cepat. Aturannya lagi adalah bahwa muntah selama lebih dari 24 jam adalah alasan yang sah untuk memanggil dokter.

    
Sifat muntah: Pada bayi dan anak-anak yang sangat muda, muntah yang berwarna hijau atau kuning adalah alasan untuk memanggil dokter. Pada usia berapapun, muntah yang tampaknya mengandung darah atau bahan yang lebih gelap adalah alasan untuk mencari perawatan darurat.

    
Diare: Diare juga umum terjadi pada nyeri perut dan biasanya menunjukkan bahwa virus adalah penyebabnya. Ini dapat berlanjut selama beberapa hari tetapi biasanya hanya berlangsung kurang dari 72 jam (tiga hari). Setiap darah dalam tinja adalah alasan untuk mencari perawatan medis.

    
Demam: Kehadiran demam tidak selalu menunjukkan masalah serius. Memang, suhu normal bisa dilihat dengan penyebab sakit perut yang lebih serius.

    
Nyeri pangkal paha: Satu masalah serius yang digambarkan seorang anak sebagai sakit perut sebenarnya berasal dari tempat lain. Ini adalah torsi testis, suatu kondisi di mana testis berputar sendiri dan memotong suplai darahnya sendiri. Anak itu mungkin malu menyebutkan lokasinya, jadi Anda harus menanyakan apakah ada rasa sakit "di bawah sana." Masalah testis biasanya mudah diperbaiki jika ditangani cukup dini. Jadi, jika seorang anak mengeluh sakit di daerah selangkangan atau testis, cari perawatan darurat medis.

    
Masalah kemih: Nyeri perut yang berhubungan dengan masalah kencing, seperti nyeri atau sering buang air kecil, bisa menunjukkan infeksi dan merupakan alasan untuk mencari perawatan medis.

    
Ruam: Sebab-sebab sakit perut tertentu juga terjadi dengan ruam baru. Kombinasi ruam kulit dengan nyeri perut adalah alasan untuk menghubungi dokter Anda.

No comments:

Post a Comment