Thursday 19 July 2018

Faktor-Faktor Risiko untuk Kolesterol Tinggi

Faktor-Faktor Risiko untuk Kolesterol Tinggi Apakah Terkendali dan Tidak Terkendali?

Seseorang dapat mengendalikan pilihan gaya hidup untuk memaksimalkan potensinya untuk mengendalikan kadar kolesterol tinggi dengan diet sehat, olahraga, mengendalikan berat badan, dan menghindari atau berhenti merokok.

Namun, ada beberapa situasi yang berada di luar kendali individu. Riwayat keluarga dan kecenderungan genetik untuk kolesterol tinggi, penuaan (pria yang lebih tua dari 45 tahun dan wanita yang lebih tua dari 55 tahun), dan penyakit yang menyebabkan hati memproduksi lebih banyak kolesterol atau mencegahnya dari metabolisme kolesterol adalah faktor risiko untuk kolesterol tinggi. Risiko-risiko ini dapat diminimalkan dengan menjalani gaya hidup yang lebih sehat tetapi mungkin memerlukan obat penurun kolesterol.

Tanda dan Gejala Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi tidak menyebabkan gejala dengan sendirinya. Sebaliknya, itu adalah faktor risiko untuk pengembangan aterosklerosis atau penyempitan arteri di tubuh yang dapat menyebabkan mendengar serangan, stroke, atau penyakit arteri perifer. Tes darah digunakan untuk mengukur kadar kolesterol sebagai bagian dari pemeriksaan rutin untuk faktor risiko penyakit jantung dan stroke.

Pedoman Pengobatan untuk Menurunkan Kolesterol

Tujuan utama dari program pengobatan adalah menurunkan kadar kolesterol total, kadar kolesterol LDL ("buruk") dan kadar trigliserida. Perawatan dapat menyebabkan sedikit peningkatan HDL atau kolesterol baik dalam darah. Ada dua cara utama untuk mengendalikan kolesterol;

    perubahan gaya hidup, dan
    obat.

Obat-obatan mungkin diresepkan oleh profesional perawatan kesehatan jika upaya perubahan gaya hidup gagal untuk membuat perbedaan dalam kadar kolesterol (tujuan biasa adalah di bawah 200 mg dL). Berbagai pilihan obat tersedia dan keputusan tentang obat mana yang digunakan tergantung pada situasi individu dan kondisi medis lain yang mungkin ada. Biasanya, profesional perawatan kesehatan dan pasien akan mendiskusikan pilihan dan memutuskan bersama atas opsi perawatan. Ada banyak pilihan pengobatan seperti statin, niacin, dan agen asam fibrat - meskipun statin adalah pilihan pengobatan utama.

Komplikasi Kolesterol Tinggi

    Kolesterol tinggi dapat menyebabkan aterosklerosis (pengerasan arteri), yang dapat menyebabkan arteri koroner menyempit ke jantung dan nyeri dada (angina) atau serangan jantung.
    Arteri karotis yang menyempit yang memasok darah ke otak dapat menyebabkan serangan iskemik transien (TIA) atau stroke (CVA).
    Arteri yang menyempit ke kaki dapat menyebabkan rasa sakit dengan berjalan (klaudikasio) yang merupakan gejala penyakit arteri perifer.

Apa Yang Dapat Saya Lakukan Untuk Mencegah Kolesterol Tinggi?

Mengontrol kolesterol tinggi adalah komitmen seumur hidup. Langkah pertama yang penting termasuk:

    Makan makanan sehat rendah lemak jenuh
    Dapatkan latihan rutin
    Menurunkan berat badan
    Hindari atau berhenti merokok

Jika tindakan ini gagal menurunkan kadar kolesterol (di bawah 200 mg dL), sebagian besar ahli kesehatan akan merekomendasikan obat untuk menurunkan kolesterol.

No comments:

Post a Comment